Tips Membedakan Air yang Bersih dan Kotor

Sumber Gambar : Google Images

Air menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi setiap orang. Karena pada daerah diperkotaan sudah sangat jarang sumber air yang tidak tercemar oleh zat berbahaya. Hal ini disebabkan oleh dekatnya rumah dengan kawasan industri sehingga air yang berada pada tanah telah terkontaminasi zat berbahaya. Padahal air bersih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan primer manusia.

Air yang bersih biasanya memiliki ciri khusus sehingga anda dapat melihatnya pada sumber air yang anda gunakan saat ini. Bila air tanah sudah tercemar maka akan menyebabkan timbulnya beberapa tanda berikut ini:

- Kekeruhan pada air, hal ini merupakan tanda jika air sudah tercemar dengan koloid. Adanya tanah liat, pasir lembut, lumpur serta mikroorganisme seperti plankton atau partikel lainnya dapat membuat air menjadi keruh,

- Jika air mengandung polutan berupa mineral maka akan menimbulkan rasa tertentu. Bila air terasa pait berarti terdapat alumunium, sulfat, besi, alumunium atau kapur dengan jumlah besar,

- Bila air tanah terasa seperti air sabun maka ini menunjukkan adanya alkali. Sumbernya dapat berupa deterjen yang biasa digunakan untuk mencuci atau natrium bikarbonat.

Air yang sudah tercemar oleh materi organik dan chromium akan memiliki warna kekuningan. Namun bila warnanya merah kekuningan bisa diduga jika air tercemar oleh besi. Sedangkan kotoran seperti lumpur menyebabkan air berubah menjadi merah kecokelatan. Perhatikanlah air bersih yang sedang anda gunakan agar terhindar dari zat berbahaya.

Air yang bersih tidak hanya dilihat secara kasat mata saja. Namun perlu diuji coba pada laboratorium agar lebih meyakinkan. Perhatikanlah ciri-ciri dari kualitas air yang baik untuk di konsumsi:

· Tidak memiliki rasa: kualitas dari air yang bagus tidak memiliki rasa. Adanya rasa pada air karena terdapat zat organik atau bakteri.

· Tidak berbau: biasanya air yang memiliki bau karena adanya pembusukan zat organik seperti bakteri dan kemungkinan dampak secara tidak langsung dari lingkungan yang tercemar.

· Suhu air: adanya kenaikan suhu perairan akan berakibat menaikkan aktivitas biologi yang akan membentuk O2 lebih banyak. Secara alamiah kenaikan suhu disebabkan adanya penebangan vegetasi di daerah sumber air.

Dengan memperhatikan kualitas air bersih di rumah anda maka dapat mencegah keluarga dari bermacam penyakit yang dapat ditimbulkan dari air. Karena tidak semua air dapat dikonsumsi oleh manusia. Terdapat beberapa air yang sudah terkontaminasi dengan zat berbahaya yang tidak boleh masuk dalam tubuh seperti timbal, besi, bakteri dan lain sebagainya.

0 Response to "Tips Membedakan Air yang Bersih dan Kotor"

Posting Komentar