Cara Memandikan Bayi Baru Lahir untuk Bagian Tubuh Tertentu

Mandi merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih bersih dan wangi. Akan tetapi, mandi untuk anak-anak ataupun untuk orang dewasa berbeda dengan cara memandikan bayi baru lahir. Hal tersebut dikarenakan bayi yang baru lahir belum memiliki daya tahan tubuh yang sempurna dan tubuh yang sensitif sehingga memandikan bayi harus dilakukan dengan hati-hati. 



Untuk cara memandikan bayi yang baru lahir, biasanya menggunakan washlap atau dengan menggunakan spons yang aman digunakan untuk kulit bayi. Cara memandikan bayi yang baru lahir dengan menggunakan spons yaitu:

•    Gunakan washlap khusus untuk bayi yang dipergunakan untuk membersihkan wajah serta tangan bayi.
•    Untuk bayi yang masih memiliki tali pusat atau yang tali pusatnya baru lepas, gunakan kapas yang telah dicelupkan dengan alkohol untuk mensterilkan daerah tersebut.
•    Untuk membersihkan daerah popok, gunakan washlap dan pembersih bayi agar daerah sekitar popok bersih.
•    Keringkan dan bungkus tubuh bayi dengan handuk agar bayi tidak kedinginan.

Mandi untuk bayi juga dapat dilakukan di tempat mandi bayi atau di ember yang dapat digunakan untuk memandikan. Saat memandikan bayi, jangan menggunakan air dingin karena kulit bayi masih sangat tipis sehingga akan membuat bayi menjadi lebih cepat kedinginan. Jangan pernah meninggalkan bayi Anda di dalam atau di atas meja bayi sendirian dan jangan sampai Anda melepas bayi Anda ketika memandikannya.

Cara memandikan bayi baru lahir untuk bagian tertentu misalnya di bagian telinga, mata, kuku, hidung, alat kelamin terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

•    Menggunakan kain lembut yang telah dibasahi sebelumnya untuk membersihkan mata, hidung, mulut dan telinga.
•    Bila hidung tersumbat, konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter untuk diberi tetes air garam atau dengan tabung bola karet.
•    Gunakan gunting lengkung khusus untuk membersihkan kuku.
•    Untuk bagian telinga dalam dengan cotton bud atau kapas basah.
•    Untuk bagian kelamin laki-laki, bersihkan kotoran pada kulup dengan dorong lembut kulit penis dengan menggunakan kasa basah. Sedangkan untuk bayi perempuan, bersihkan dari depan ke belakang.

0 Response to "Cara Memandikan Bayi Baru Lahir untuk Bagian Tubuh Tertentu"

Posting Komentar