Cara Merawat Kulit Bayi Agar Terhindar Dari Berbagai Gangguan Kesehatan

Sensitifnya kulit bayi menyebabkan timbulnya berbagai gangguan kulit, hal ini bisa sering terjadi jika tidak dirawat dengan baik. Untuk itu seorang ibu harus selalu menjaga kesehatan kulitnya agar tetap sehat. Penyakit yang sering timbul pada kulit sensitif si kecil yaitu biang keringat yang biasanya terjadi di bagian dahi, ketiak, punggung, dan bagian lainnya yang tertutup dan lembab. Selain biang keringat, penyakit lainnya yang sering timbul yaitu eksim popok. Untuk mengatasi gangguan tersebut  hanya bisa dilakukan dengan cara merawat kulit bayi secara rutin.



Biang keringat biasanya ditandai dengan bintik kecil kemerahan dan berair. Efek dari penyakit ini yaitu rasa panas dan gatal dan jika dibiarkan maka bisa menjadi ruam merah dan peradangan. Untuk mengatasi biang keringat tersebut yaitu bisa dilakukan dengan cara memandikannya secara rutin menggunakan air hangat. Setelah itu keringkan tubuhnya dengan menggunakan handuk yang lembut. Khusus untuk bayi yang gemuk sebaiknya teliti ketika melakukan pengeringan, karena bagian lipatan tubuhnya suka terlewat untuk dikeringkan. Setelah itu, untuk mencegah biang keringat itu muncul lagi ibu bisa mengoleskan lotion anti biang keringat. Ketika melakukan pegolesan, ibu bisa sambil memijatnya, tindakan tersebut bisa dianggap sebagai bukti kasih sayang orang tua terhadap anaknya. Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya yaitu pastikan ruangan bayi memiliki pentilasi yang cukup agar tidak mudah berkeringat.

Masalah kulit lainnya yang sering timbul yaitu eksim popok atau ruam popok. Masalah ini sering muncul di bagian lipatan kulit paha dan pantat yang disebabkan oleh kondisi popok yang lembab. Penyakit ini memang rentan terjadi jika kondisi popok selalu lembab dan akibatnay timbulah bakteri dan bisa menyebabkan iritasi. Cara untuk mengatasinya yaitu seringlah mengganti popok terutama jika popok sudah basah.  Pakailah popok yang memiliki daya serap yang tinggi, serta  pastikan ukurannya tidak terlalu ketat. Dan yang terakhir selalu membersihkan bagian pantat dan sekitarnya ketika bayi buang air, pastikan lap sampai kering.

Selain kedua cara merawat kulit bayi dari beberapa gangguan tersebut, hal yang tidak kalah pentingnya yaitu memilih produk perlengkapan bayi seperti shampo, sabun, bedak, minyak telon dan yang lainnya. Pastikan produk tersebut anti-alergi dan aman digunakan, selain itu juga bahan-bahan dan zat warna yang terkandung di dalam produk tersebut harus anda perhatikan pula.

0 Response to "Cara Merawat Kulit Bayi Agar Terhindar Dari Berbagai Gangguan Kesehatan"

Posting Komentar