Penyebab Bronkitis Pada Anak dan Pencegahannya


Kesehatan anak merupakan hal yang cukup sering dan menjadi dominan mendapatkan perhatian yang lebih dari kedua orang tuanya, terutama dari sang ibu. Karena naluri ibu yang cukup kuat terhadap keluarganya sehingga hal-hal yang mengalami sedikit perubahan pun ibu selalu paling depan merasakannya. Dan berhubungan dengan kesehatan anak, kini banyak anak yang terkena penyakit bronkitis dengan beberapa aspek yang menjadi penyabab timbulnya penyakit tersebut pada anak. Dan mungkin masih cukup banyak pula ibu-ibu yang belum mengetahui dengan pasti apa penyebab bronkitis pada anak dan bagaimana cara mencegahnya. Berikut akan sedikit saya paparkan mengenai kedua hal tersebut.

Sebelum beranjak pada penyebab bronkitis itu sendiri, pertama haruslah mengetahui apa itu bronkitis. Jadi, bronkitis ialah salah satu penyakit yang menyerang bagian tubuh tepatnya pada bronkus (lanjutan dari trakea) yang ada pada bagian paru-paru. Maka dari itu sering kali ditandai dengan adanya batuk-batuk dan bahkan hingga sesak napas. Berdasarkan beberapa sumber yang berkaitan, penyebab bronkitis pada anak yang utama ialah karena adanya virus salah satunya ialah virus influenza. Dapat juga disebabkan oleh alergi, kemudian adanya infeksi pada saluran pernapasan anak, bahkan polusi udara pun mampu menyebabkan timbulnya bronkitis pada anak.

Dan untuk mencegah agar terhindar dari bronkitis apabila anak sudah mulai batuk-batuk ialah dengan cara, membatasi aktivitas anak sehingga anak tidak terlalu kelelahan dan banyak mengelurkan tenaga yang kemudian dapat memperparah keadaan anak. Yang kedua, hindari penggunaan pendingin udara yang berlebihan karena hal tersebut dapat memicu timbulnya bronkitis. Selanjutnya, selalu membiasakan diri untuk menjaga kebersihan makanan dan mencuci tangan sebelum makan. Kemudian, hindari memandikan anak dengan air dingin pada pagi hari atau bahkan sore hari. Dan yang cukup penting untuk anda ketahui ialah, dengan menciptakan lingkungan yang bebas polusi, baik dari kendaraan atau dari asap rokok. Sehingga dengan begitu kesehatan saluran pernapasan anak dapat terjaga.

Konsultasikan segera pada dokter apabila keadaan anak semakin bertambah parah. Misalnya batuk yang disertai dahak berdarah.

0 Response to "Penyebab Bronkitis Pada Anak dan Pencegahannya"

Posting Komentar