Menjual Rumah Melalui Perantara BTN Itu Memang Mudah

Sumber gambar : cdn.properti.net

Sobat ingin menjual rumah melalui perantara BTN? Tapi belum tahu caranya? Santai sob, jangan khawatir disini akan disampaikan secara ringkas dan detail tentang cara menjual rumah melalui perantara BTN. Namun perlu sobat sadari bahwa menjual rumah itu ternilai gampang-gampang susah. Apalagi rumah yang sobat jual itu sistemnya over kredit, rumayan sulit untuk menjualnya karena kebanyakan orang ingin membeli rumah itu rumah yang belum pernah di huni orang. Padahal sebenarnya membeli rumah KPR BTN bekas lebih untung banyak ketimbang harus membeli rumah baru karena biasanya orang yang ingin menjual rumah KPR BTN-nya dengan sistem over kredit mematok harga yang tidak begitu mahal. Nah, disinilah letak keuntungan pembeli rumah yang ingin beli rumah second KPR BTN.

Baca Juga : Penawaran dan Biaya dalam Jual Beli Rumah KPR


Namun itu semua tergantung selera pembeli, ingin beli rumah baru atau second. Lantas cara menjual rumah melalui perantara BTN itu bagaimana? Caranya mudah kok jika sobat ingin menjual rumah lewat BTN, yakni sobat dan pembeli harus mendatangi BTN selaku penyedia KPR rumah sobat. Kemudian pihak BTN secara cepat menganalisis calon pembeli rumah sobat. Apabila pihak BTN setuju dengan calon pembeli rumah sobat, maka pihak BTN akan menuliskan sebuah perjanjian tentang pembelian rumah sobat secara tertulis beserta akta jual beli. Apabila rumah sobat sistemnya over kredit maka pihak akan menuliskan perjanjian kredit baru ke pihak pemohon kedua dan pengikatan jaminan. Kemudian sobat, pembeli dan juga pihak BTN secara bersama-sama mengurus semua dokumen di notaris.

Dokumen yang perlu sobat persiapkan untuk menjual rumah KPR dengan sistem over kredit ialah fotocopy IMB, PBB, bukti bayar angsuran, akta sebagai pengalihan hak untuk bangunan beserta tanah, identitas penjual berserta pembeli seperti KTP, KK, buku nikah dan slip gaji. Selain itu, sobat juga harus mempersiapkan surat kuasa yang isinya untuk melunasi kekurangan angsuran pemilih rumah KPR sistem over kredit ke BTN. Sehingga manajemen BTN akan segera memproses untuk mengatasnamakan langsung pembeli baru sebagai penanggung angsuran selanjutnya. Kemudian fotocopy sertifikat yang sudah di stempel BTN juga harus dipersiapkan untuk bukti bahwa sertifikat tersebut sudah benar-benar lolos perizinan BTN.

0 Response to "Menjual Rumah Melalui Perantara BTN Itu Memang Mudah"

Posting Komentar