Cara Terampil Memberikan Cerita Dongeng kepada Anak

Usia anak terutama 0 sampai 5 tahun, merupakan usia yang tengah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Maka tak heran apabila pada usia ini, sering kali disebut dengan usia emas. Untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan yang optimal, maka diperluakan peran kedua orang tua yang merawat, serta mendidiknya dengan baik dan penuh dengan sentuhan kasih dan sayang. Pada umumnya anak-anak memiliki ketertarikan yang lebih terhadap cerita dongeng. Mengingat cerita dongeng anak di dalamnya penuh dengan dunia imajinasi, dan hal ini terdapat pada dunia anak-anak.

Cara Terampil Memberikan Cerita Dongeng kepada Anak


Hanya untuk mengingatkan kembali, dongeng yang sering diceritakan kepada anak-anak memiliki beragam jenis, yang memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut:

1. Yang pertama ada dongeng fabel, jenis dongeng yang satu ini merupakan dongeng yang di dalamnya banyak mengisahkan cerita tentang hewan, dengan berperan sebagai tokoh utama dan memiliki tingkah laku layaknya seorang manusia. Misalnya cerita tentang seekor monyet dan lain sebagainya.

2. Kemudian legenda, yakni sebuah cerita dongeng anak dengan mengandung unsur kejadian terhadapa suatu tempat tertentu, misalnya tentang gunung, laut dan lainnya. Adapun cerita legenda yang sering kita dengar ialah mengenai Gunung Tangkuban Parahu.

3. Selanjutnya terdapat cerita rakyat. Seperti halnya namanya, jenis dongeng ini mengisahkan mengenai seseorang seperti pahlawan, yang hidup di daerah tertentu.

4. Jenis cerita yang mengandung unsur fantasi lainnya, yang kini banyak ditonton oleh anak-anak di layar televisi. Mulai dari sereal kartun, misalnya Doraemon dan masih banyak lagi.

Semua jenis cerita dongeng di atas, dibuat tentu atas dasar tujuan yang cukup baik bagi anak-anak. Secara umum, yakni untuk menghibur dunia mereka, dan memang karena anak- anak menyukai apabila dirinya diceritakan contoh cerita dongeng untuk anak usia dini melalui website mari-bicara.com , terutama oleh sang ibu. Adapun manfaat dari adanya cerita dongeng, salah satu yang paling penting ialah untuk meningkatkan perkembangan kecerdasan emosional anak. Karena hal ini akan membawanya untuk lebih peka, dan mampu merasakan apa yang orang lain rasakan.

0 Response to "Cara Terampil Memberikan Cerita Dongeng kepada Anak"

Posting Komentar